Pocketbook

Ketika membaca Buku berjudul Serba-Serbi Kehidupan Santri Di Barat tulisan Sumanto al Qurtuby (et.al) beberapa hari yang lalu, saya langsung terpikat oleh Buku "Muslim Travellers: Pilgrimage, Migration, and The Religious Imagination" yang dipakai Oleh Qurtuby sebagai salah satu Sumber Rujukannya.
Saya kemudian mencoba untuk mendapatkan versi Elektronik dari Buku yang dikompilasikan oleh Dale Eickelman dan James Piscatori itu. Tujuan saya tentu saja adalah Genesis Library. Lapak Buku Elektronik yang menyediakan akses tanpa batas terhadap Semua Buku Koleksinya.
Di sana, Buku yang saya cari memang benar ada. Namun sayangnya, satu-satunya Buku yang saya temukan hanya berformat .epub. Tidak ada Buku dengan format .pdf atau .mobi. Padahal, Gawai Kindle saya hanya bisa membaca Buku Elektronik dengan kedua Format itu. Apa boleh buat. Buku tetap saya unduh. Perkara bisa dibaca atau tidak, itu urusan belakangan.
Beberapa waktu kemudian, karena masih dibayangi oleh rasa penasaran terhadap isi buku itu, iseng-Iseng, saya coba untuk mencari Aplikasi epub Reader di Google Play melalui Ponsel Saya. Ada beberapa Aplikasi yang kemudian muncul dengan ratingnya masing-masing. Tanpa ragu, saya langsung memilih Aplikasi dengan Nama PocketBook yang kebetulan ada di urutan Paling atas.
Setelah Tautan Aplikasi itu saya tepuk dengan jari telunjuk, seketika muncul keterangan singkat mengenai Aplikasi PocketBook beserta Review ringkas dari beberapa penggunanya. Selesai membaca beberapa Review yang ada, saya semakin yakin untuk mengunduh aplikasi tersebut.
Benar saja, ketika pertama kali menggunakannya untuk membaca Buku Muslim Travellers, saya langsung dibuat Jatuh Cinta dengan Aplikasi PocketBook ini. Berlebihan? Tentu saja tidak. Aplikasi ebook reader yang bisa digunakan untuk Membaca Buku Elektronik dengan Format .epub, .pdf, .mobi, .djvu, .txt, .chm, .pdb, dkk ini tergolong sederhana sehingga gampang dipakai. Sama sederhananya dengan Kindle yang biasa saya gunakan.
Meskipun sederhana, Aplikasi ini memiliki kemampuan untuk "merubah" Buku menjadi semacam Audiobook. Kita hanya perlu menekan satu-dua tombol yang sudah tersedia, dan setelah itu .... voila! Ponsel Kita pun akan bercakap-cakap untuk menceritakan isi Buku yang tengah kita baca secara lengkap. Kata demi kata. Dengan Kualitas Makharijul Huruf yang tidak begitu mengecewakan.
Kemampuan "BERCERITA" ini bagi saya sangat penting, karena bisa membantu dalam Proses pembelajaran Bahasa Inggris yang tengah saya lakoni, terutama dalam hal Latihan Pronunciation.
Bagi teman-teman yang hobi membaca Buku menggunakan Ponsel dan/atau sedang belajar Bahasa Inggris, saya sarankan untuk menggunakan aplikasi ini. Untuk Buku dengan format .epub, kualitas Aplikasi ini tidak perlu diragukan lagi. Tetapi, untuk membaca Buku Elektronik dengan Format lain, terutama format .pdf, ada baiknya menggunakan PDF Reader saja.
Selamat Membaca.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pocketbook"

Post a Comment